Bismillah,.. Semoga Allah SWT meridhoi kita,..

Nutrition Care Process versi IDNT – ADA 2013

Dietetic Association (ADA) pada tahun 2003 menyusun suatu proses terstandar yang disebut dengan Standarized Nutrition Care Process (SNCP), dengan tujuan agar dietisien dapat memberikan pelayanan asuhan gizi yang berkualitas, aman, efektif, serta hasil yang dicapai dapat diprediksi dan lebih terarah. Asosiasi Dietisien Indonesia (AsDI), pada tahun 2006, mulai mengenalkan Proses Asuhan Gizi Terstandar (PAGT) yang diadopsi dari NCP-ADA. Proses asuhan gizi terstandar (PAGT) adalah suatu metode pemecahan masalah yang sistematis, dimana dietisien profesional menggunakan cara berpikir kritisnya dalam membuat keputusan untuk menangani berbagai masalah yang berkaitan dengan gizi, sehingga dapat memberikan asuhan gizi yang aman, efektif dan berkualitas tinggi.

Proses asuhan gizi terstandar disusun sebagai upaya peningkatan kualitas pemberian asuhan gizi. Menurut National Academy of Science’sInstitute of Medicine (IOM), kualitas pelayanan adalah tingkatan pelayanan kesehatan untuk individu dan populasi yang mengarah kepada tercapainya hasil kesehatan yang diinginkan, sesuai pengetahuan profesional terakhir. Kualitas pelayanan dinilai melalui hasil kerja dan kepatuhan proses terstandar yang telah disepakati. Sebaiknya, tidak ada kesenjangan besar antara hasil kerja yang dicapai dibandingkan dengan hasil kerja terbaik yang optimal. Agar dietisien dapat mencapai kedua ukuran tersebut, disusunlah suatu proses asuhan gizi terstandar. Proses tersebut mendukung dan mengarah pada asuhan gizi secara individual, sementara asuhan terstandar menunjukkan asuhan yang sama pada pasien. Asuhan gizi yang berkualitas yang diberikan oleh dietisien harus mencerminkan “state of science” dan “state of art” dalam praktik dietetik untuk memenuhi kebutuhan pasien secara individual.

Dalam perkembangannya, ADA tahun 2011 hanya menyajikan 60 diagnosis gizi, dan direvisi kembali tahun 2013 menjadi 70 diagnosis gizi (International Dietetics and Nutrition Therminology, IDNT versi edisi 4).

cover

Dalam IDNT versi edisi ke-4, Komponen pengkajian gizi dan monitoring evaluasi gizi dikombinasikan menjadi satu dalam terminology yang sama. Berikut terminology pengkajian, diagnosis dan monitoring evaluasi gizi..

Klik disini yaa…🙂

01.0 Nutrition Assessment & Monitoring & Evaluating Terminology 02.0 Nutrition Diagnostic Terminology 03.0 Nutrition Intervention Terminology

Rujukan : International Dietetics and Nutrition Terminology (IDNT) Reference Manual ; fourth edition..

Semarang, 21 Apr 2013 @ 14.17 WIB

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: