Bismillah,.. Semoga Allah SWT meridhoi kita,..

Alhamdulillah,..

Finally,… Alhamdulillah,..
Entahlah, saya tidak tau harus memulainya darimana, perjalanan 1 tahun  8 bulan menempuhi pendidikan ini akan saya ceritakan…
Bagi saya, saat ini sangat susah untuk mengungkapkan segala rasa yang membuncah, bahkan untuk menulis ini pun saya tidak tahu harus memulainya dari mana. Tetapi yang pasti, hari ini adalah menjadi salah satu hari yang tidak akan pernah saya lupakan dalam hidup saya, karena tepat hari ini, Selasa, 6 Mei 2014 Pk. 09.30 saya sudah dipastikan lulus dari Program Pascasarjana Magister Ilmu Gizi FK. Undip dan mendapat Gelar M.Gizi.. alhamdulillah…

Tak berhenti saya haturkan setulusnya rasa syukur dan segala pujian kepada Allah SWT karena telah membukakan pintu rezeki dan juga memberikan kesempatan kepada saya untuk bisa merasakan kebahagiaan ini, kepada orang tua atas doa-doa yang terpanjatkan, keluarga besar yang selalu setia mendukung dan menemani saya dalam segala proses yang saya lalui hingga bisa dititik sekarang. Tidak lupa juga untuk orang-orang terdekat saya, yang telah memberikan dukungan tanpa kenal waktu dan juga henti.

Mengingat ke belakang,…
Ingat betul saat itu (tahun 2011), ketika saya dan teman saya (mba Nana) mengajukan ijin tugas belajar di tahun 2012 kepada atasan saya di Poltekkes… Betapa sedihnya ketika pengajuan saya di tolak, surat yang kami baca menjelaskan kami bisa sekolah di tahun 2013,. Namun, saya bukan tipikal orang yang mudah menyerah, dengan segala usaha saya, kegigihan, dan alasan yang masuk akal, saya mencoba terus untuk bisa melanjutkan studi lagi secepatnya… Alhamdulillah,. Allah Maha Segalanya, semuanya berjalan lancar,. Bismillah..

Akhir Desember 2011 saya mulai hunting beberapa Universitas yang menampung lulusan S1 Gizi, dan pada akhirnya saya mendapatkan pilihan yang susah,. UGM (M.PH), Unibraw (M.Biomed), Unair (M.Kes), dan Undip (M.Gizi), UI (M.Gz). Saya berpikir, ketika melirik absensi dosen di kampus saya, begitu banyaknya senior dg gelar MPH, dan M.Kes,.. Saya ingin yang berbeda dari mereka, saya tak mau sama,.. Dan pada akhirnya jatuh pilihan UI dan Undip (dengan gelar M.Gz), tapi saya berpikir, jika saya masuk UI saya mau lulus kapan? Saya dengar disana perkuliahan dan Tesis menggunakan bahasa wajib (Inggris), saya menyadari tak cukup pandai dg bahasa asing, maka saya jatuhkan pilihan saya di Undip.. Bismillah..
Januari 2012, saya mengikuti tes TPA, dan wawancara di Undip,. Dan alhamdulillah saya dinyatakan diterima… Tak berlangsung lama, saya pun dihubungi oleh pihak administrasi Undip, diberi 2 pilihan, untuk masuk di semester genap atau ganjil.. Semester genap, artinya saya akan menjadi MABA di bulan Maret/April, dan itu artinya saya harus meninggalkan segala tugas saya di Poltekkes sedini mungkin.. (saya berpikir lama untuk memutuskan ini, tidak mungkin saya meninggalkan kewajiban2 saya di sini, demi untuk kepentingan pribadi saya bersekolah), dan akhirnya saya lebih memilih untuk masuk perkuliahan di bulan September, saat tahun ajaran kuliah di Poltekkes (tempat saya bertugas) berakhir.

30 Agustus 2012
Iya,. Selamat tinggal untuk sementara waktu, rekan-rekan, mahasiswa, dan orang yang saya sayangi,.
Semua berawal disini, doakan semoga saya lancar menempuhi pendidikan yang diberi jatah beasiswa selama 2 tahun.. Semoga saya bisa memegang amanah untuk bisa menyelesaikan studi ini dg tepat waktu..

September 2012-Februari 2013
Welcome Undip,.. selamat datang pada saya dan teman2 angkatan 2012 Mahasiswa Magister Ilmu Gizi Undip, mari kita awali dengan Bismillah, dengan niat yang baik, dan bersama-sama saling menyemangati dalam kegiatan belajar 2 semester ke depan… Syukurlah, teman-teman saya disini baik, dan kompak. Bersyukur dipertemukan dg mereka, dari latar asal mulai Aceh-Palu-Makassar-Lampung-Kalimantan-Riau-Lombok-Jawa, yaaah lengkap,. Semua menjadi pengisi hari, menjadi penyemangat baru di tempat pendidikan ini..
Pada awalnya, perkuliahan di S2 saya rasa memang berbeda dg yang saya terima saat di S1, disini tugas yang bejibun, kemandirian, dan manajemen begitu diperhitungkan… Saya sampai kewalahan, dan saya seringkali mengalami sakit di awal-awal, efek begadang, makan yang ga teratur, sampai tidur yang sangat kurang..
Tapi semua begitu indah di kenang,. Ingat betul dulu saat ujian akhir semester mata kuliah manajemen data,.. Bayangkanlah, kami menghadapi 7 soal statistik yang buat kewalahan, dari jam 13.00 WIB sampai jam 20.00 WIB kami setia mengerjakan di tempat (sampai-sampai, temen saya bilang,.. “ini adalah ujian yang melewatkan 3 waktu sholat (Ashar, Maghrib, Isya), heheheee….)”
Mata kuliah keamanan pangan yang mana salah satu kelompok menjadi agen investigasi seperti di televisi, hebat teman-teman saya semuanya,. Begitu tak terkira perjuangan kita semua…

Maret 2013
Saatnya untuk berlibur teman-teman,. Selamat berkumpul dg keluarga,.. Namun tidak dg saya, saya lebih memilih untuk tinggal di Semarang, adahal yang harus saya ikuti demi masa depan saya nanti,.. Saya mengikuti pelatihan Pekerti (pelatihan untuk para pengajar) di IKIP PGRI Semarang, yang diadakan oleh Kopertis wilayah Jateng. Kegiatan ini adalah kegiatan pematangan konseptual, praktik, dan pembelajaran untuk para pengajar hingga nantinya menghasilkan mahasiswa yang berkualitas (heheeehee, saya adalah peserta paling asing, karena yang lainnya berbasic MPd), iyaaa begitulah belajar dari nol, tiada henti, yang penting Bismillah, niat yang baik akan dimudahkan oleh Allah SWT..
Berselang dari kegiatan ini, entah mengapa, entah hantu baik apa yang singgah di pikiran dan otak saya, tiba-tiba saya ingin sekali membuat naskah buku… Iyeess, sekali lagi Bismillah..
Liburan kali ini, saya selesaikan dg menuntaskan 1 buku (penatalaksanaan diet pada pasien). Awalnya saya ingin sekali bisa masuk di penerbit Gramedia, tapi eeh tapi ternyata setelah browsing, untuk penerimaan naskah bisa di publish atau engga’ itu memakan waktu sekitar 6 bulan (naah lo? Kalau misal ga diterima? Apa iya saya menunggu selama itu?)… jatuhan pada penerbit lain, Graha ilmu (teman saya adisty cyntia, mengirimkan tata cara untuk bisa masukin naskah disana),.. Thank u yaa adist, telah mau berbagi dg saya,.. dan pada akhirnya,. naskah saya diterima.. alhamdulillah… kali ini saya sudah mulai familiar dg kata-kata jurnalis.. approved, publish, turun cetak, heheheee😀

April-Juni 2013
Iyaaa, selamat datang semester 2, selamat datang kembali segala perkuliahan.. Semester ini, kamii sudah tidak lagi berkumpul bersama seperti semester 1 (kecuali mata kuliah wajib), karena kami sudah mulai masuk mata kuliah peminatan. Saya mengambil peminatan gizi masyarakat, dengan bidang sport nutrition, dan Dietetik.
Semua tidak berubah, tugas pun masih terus menghantui kami, dan tentu saya harus pintar membagi waktu, karena tahapan buku saya sudah dalam proses editing, dan target publish.. sya harus mengorbankan tidur malam saya, dan tentunya ini menjadi akhir buruk untuk perkembangan mata saya, selama perkuliahan saya tidak nyaman dg mata saya, pada saat berkendara pun seperti terlintas ada cahaya menusuk mata.. saya di vonis xeratitis, dan menjalani masa rawat jalan selama 2 minggu… (Jadi ingat, ada yang perlu kita korbankan demi memperjuangkan sesuatu).. tapi syukurlah semua menjadi baik-baik saja…

Juli 2013
Bulan ini menjadi lebih spesial, karena selain kuliah, tugas, edit buku, saya pun berusaha untuk mengajukan tugas akhir saya… Alhamdulillah diperkenankan untuk mendapatkan pembimbing yang sabar dan baik (Dr. Darmono, SS, MPH, SpGK, beliau adalah dokter, sekaligus dosen senior di SMF Gizi FK. Undip), dan sebagai pembimbing pendamping saya, ibu Dra. Ani Margawati, PhD, (beliau Ketua Magister Ilmu Gizi).. Alhamdulillah mereka hebat semuanya… melalui proses yang panjang, akhirnya saya memutuskan untuk mengambil materi “Geriatri”.

Agustus 2013
Pending dan rehat untuk masalah perkuliahan, termasuk tesis.. menjalankan ibadah Ramadhan full di rumah ibu dan bapak yang saya syangi.. termasuk hari raya fithri yang melekat di hati….

September 2013
Welcome back Undip, Yeaaah, saya siap berjuang kembali, menjalani hari-hari saya untuk tesis, konsultasi dan sidang proposal..

Oktober-Nopember 2013
Tepat Pk. 13.00 WIB, Rabu tgl 16 Oktober 2013 pada akhirnya saya harus mempertanggungjawabkan segala hal yang saya tulis,.. sidang proposal saya, dengan dewan penguji di ahlinya,. Prof. dr. Edi Dharmana, MSc, PhD, SpPark (pernah lihat iklannya Tolak angin ga? Bliau ini salah satu ahli pakar yang muncul di sponsor tersebut), bangga sekaligus dag dig dug, karena sebelumnya memang tidak pernah kenal dg bliau,. Penguji kedua adalah Dr. M. Zen Rahfiludin, SKM, M.Kes, dosen FKM dan dosen di FK Gizi juga,..
Dan tentu pula dihadiri oleh teman-teman seangkatan,. Lebih kurang 1 jam 30 menit, saya ditanya jawab,, dan tiba saat pengumuman diterima atau tidaknya proposal saya, alhamdulillah keputusannya adalah proposal saya diterima dengan nilai A…
pagew
Selanjutnya adalah menjalani hari-hari revisi, mengurus perijinan, administrasi penelitian, dan tentunya juga ke komisi etik penelitian, untuk mempertahankan proposal saya agar layak diterima di komisi Etik FK Undip. Subhanallah, perjuangan panjang tiada henti,.. saya mendapatkan reviewer : dr. Abdul Mughni, M.Si.Med, SpB-KBD dan dr. M. Mexitalia Setiawati, SpA(K).. Yang pasti, sangat susah bertemu dengan kedua beliau ini, dan alhamdulillah saya bisa menyelesaikan etik saya dengan penuh perjuangan selama 1 bulan, lebih satu minggu…
Kabar yang membahagiakan pula di bulan Nopember ini adalah, buku saya launching, dan mulai publish di seluruh Indonesia,.. alhamdulillah… tidak ada yang lebih membahagiakan diri saya selain menjadi yang berarti bagi orang lain,.. semoga bermanfaat, dan semoga saya bisa lebih baik lagi dalam berkarya melebihi buku yang ini…
1391756_668763686476065_229225353_n                                                  Buku saya🙂

Desember 2013 – Januari 2014
Welcome to Lombok,.. alhamdulillah sampai di Pulau ini,. Tentu bukan untuk bersenang-senang, tapi untuk mengadakan penelitian,. Sehari sampai di sini, saya langsung menghubungi pihak Panti Lansia, BLHP (tentu segala perijinan agar memudahkan diri saya bisa penelitian disini). Alhamdulillah semuanya serba dipermudah..
Dibantu ahli gizi di panti (mba Yusnah, enum saya yang cekatan Noviana Hidayah Rahmah, Analis yang selalu siap, kak Yuji, serta mbak nana), terimakasih semua…
Para kelayan (papuk-papuk), yang dengan kerelaan hati membantu segala keperluan penelitian, semuanya, saya ucapkan terimakasih…
Banyak hal miris yang saya temui disini, sya suka menangis sendiri ketika ada di barak, wisma tempat mereka berteduh,. Mereka ini lansia yang sengaja “dibuang oleh keluarganya, mereka menghabiskan waktu disni, sampai nanti ajal menjemput mereka.. Membayangkan mereka adalah orangtua saya, tentu saya takkan sanggup melihat mereka di panti.. Semoga saja, sya tak kan berlaku demikian menitipkan orangtua saya ke panti…
page                    Kebersamaan dg lansia di panti, really miss it…

Februari-Mei 2014
Selamat datang Semarang lagi,..
Saya berjuang lagi untuk mengolah data, menempuhi perkuliahan tersisa (MKKT), serta saya harus bisa untuk maju seminar hasil…
Dan pada akhirnya, melewati segala proses, bulan Maret 2014, Tesis saya sudah dinyatakan untuk layak diuji, namun mungkin ini adalah ujian buat saya, karena begitu susah mencari jadwal untuk empat dosen bisa bertemu dalam satu forum sidang saya,.. Menangis rasanya, tapi saya mencoba mengambil hikmah, dan alhamdulillah terjawab doa-doa, saya bisa ujian pada bulan April..
Senin, 21 April 2014, Pk. 08.30-09.45 WIB.. Pada akhirnya hari yang saya tunggu sudah tiba, Ujian Seminar Hasil saya mulai berjalan dengan lancar, namun demikian banyak saran dan masukan baik dari tim pembimbing maupun tim penguji,.. Saya berusaha untuk merevisi ulang, agar nanti di ujian terakhir, semua kesalahan dapat diminimalkan… semoga….
page               Cheerssss,.. saya & suporter setelah sidang hasil..

Selasa, 06 Mei 2014, Pk. 08.30-09.30 WIB..
Saatnya,.. bertemu dengan hari yang membuat saya stress setengah mati.. Hari yang membuat saya tidak bisa tidur dengan nyenyak, nafsu makan yang nyaris hilang, sakit perut, nervous, dan segala hal yang tidak menenangkan…
Tepatnya,. Saya dijadwalkan untuk melaksanakan ujian Tesis hari ini. Inilah akhir dari perjalanan S2 saya.. Konsekuensinya adalah apabila saya gagal, maka saya harus berusaha lebih giat lagi dan tidak boleh menyerah,.
Rasanya ketika menginjakkan kaki di ruang diskusi, serasa hampir tak ada kekuatan, saya merasakan deg-degan setengah mati karena saya takut dibantai dengan pertanyaan-pertanyaan yang disampaikan dosen-dosen saya. Maklum, namanya juga mahasiswa pasti kita mempunyai pikiran-pikiran negatif mengenai sidang, dan tentu akan terjadi pembantaian di ruang sidang nanti oleh tim penguji maupun pembimbing…😥
Tepat 08.30 WIB,.. Bismillah, sidang berlangsung…
Setelah melalui proses sidang selama kurang lebih 1 jam, saya disuruh menunggu diluar ruangan karena dosen-dosen saya akan berdiskusi untuk penentuan lulus dan tidaknya saya..
Beberapa menit kemudian saya dipanggil masuk lagi, dan syukur Alhamdulillah……. Saya dinyatakan lulus,…
Saat pembimbing utama saya menyebutkan saya lulus, spontan saya mengucapkan alhamdulillah (dalam hati), rasanya seperti ini bukan ujian terakhir buat saya (saya tidak menyadari kalau ini adalah ujian terakhir bagi saya),.. Saya merasa tidak puas dg jawaban-jawaban saya, speechless rasanya, andai semua bisa diulang lagi,.  Ini menjadi pelajaran berharga untuk saya belajar lebih giat lagi,. namun demikian saya tetap mengucapkan alhamdulillah…………..
page                      Bu Ani, dr. Darmono, Prof. Edi, pak Zein,.😉

Lengkap sudah semuanya terjadi dalam proses yang berkepanjangan, tentu perjuangan yang tidak saya dapatkan dari jalan “instan”..
Dalam kesempatan ini, saya tidak henti-hentinya mengucapkan syukur Alhamdulillah kepada Allah SWT karena usaha saya selama ini tidak sia-sia dan bisa lulus S2. Dan tidak lupa juga saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Ibunda, ayahanda, yang telah membantu dan turut mendukung saya selama ini. Terima kasih juga kepada para dosen yang selama 1,5 tahun mengajarkan saya banyak hal baru yang tidak saya ketahui sebelumnya dan membuka pandangan saya.
Kepada dr. Darmono, saya juga berterima kasih atas bimbingan bapak selama saya mengerjakan Thesis, terima kasih atas waktunya, dedikasi dan profil yang sangat saya kagumi, pada bu Ani, yang sudah menyediakan waktu disela kesibukan yang padat, terimakasih sudah mau direpotkan oleh saya,Hehehe…. Kepada Prof. Edi, pak Zein yang membuat jantung saya berdetak kencang atas segala pertanyaan-pertanyaannya, terimakasih sudah bersedia menyediakan waktunya buat saya ujian,… Untuk teman-teman se-angkatan saya, selamat kepada yang sudah mendapatkan gelar M.Gizi  sebelum saya (Bu Sri, Kartika, Mba Desi, dan pada akhirnya, saya menjadi mahasiswa keempat yg bisa lulus dari 31 mahasiswa angkatan 2012), teman-teman yang sedang mengolah data, yang sedang melaksanakan penelitian, dan tentu yang masih berjuang di Proposal, semoga tetap semangat, dan semoga cepat menyusul yaa,.. aamiin🙂

Banyak hal yang saya dapatkan selama disini, namun ada satu hal yang bisa saya ambil pelajaran didalamnya..
Dimanapun kita menuntut ilmu, percayalah pasti akan ada suatu hal positif yang akan kita dapatkan.. Ketika ada orang-orang meremehkan atau menggampangkan semuanya, buktikanlah dengan kerja keras yang hebat..
Jadikanlah diri kita sebagai seseorang yang bisa mematahkan itu semua. Kita harus membuat diri kita bangga mendapatkan “hadiah” oleh karena hasil kerja keras kita sendiri. Karena yang terpenting itu tidak hanya sekedar dimana kita menuntut ilmu, tetapi ada hal yang lebih penting dari itu semua.. Yaitu bagaimana kita menerapkan dan menggunakan ilmu yang sudah didapat agar berguna untuk masyarakat.
Tentunya, semua tidak berhenti disini saja… tentu tidak..
Tetapi justru, sesuatu yang baru telah menunggu kita untuk melakukan suatu hal yang positif. Percayalah, sekecil apapun hal positif yang kita lakukan, akan lebih bermakna dibandingkan tidak melakukan apapun…😉

Terimakasih sudah mau membaca segala perjalanan hidup saya selama menempuhi pendidikan ini,. Semoga diberkahi semuanya setiap langkah oleh Allah SWT…

#terimakasih Allah SWT, Ibu, bapak, mas TBS, keluargaku, Poltekkes Mataram : Bu Direktur & penyandang dana beasiswa, dosen & staff MIG FK. Undip, rekan-rekan MIG 2012… terimakasih semua…

Semarang, Selasa, 06 Mei 2014 : 21.46 WIB

Comments on: "Alhamdulillah,.." (10)

  1. Alhamdulillaah,
    Turut bangga dan berbahagia.

    Selamat dan Sukses atas perjuangan Bu Retno.

    Insyaallaah ilmu dan kerja kerasmu bermanfaat dan barokah.

    Aamiin

    mewakili: 3Gsmpn1bwi99

  2. kusriadi said:

    Selamat dan sukses mb, Retno, moga Allah selalu dan senantiasa memberkahi ilmu yg didapat…amiin…

  3. Selamat ya retno…;) semoga ilmunya bisa bermanfaat untuk orang banyak..;) semoga sukses..;)

  4. selamat mbak retno…mudah2an bisa mendapatkan kesempatan yang sama seperti mbak retno…bismillah..

  5. alhmdullh, slamat ya buno… blh dong bagi2 ilmu, pengalamnx lbh detail tuk mlanjutkn penddkn.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Awan Tag

%d blogger menyukai ini: